Minggu, 24 April 2011

10 KEBIASAAN BURUK MERUSAK OTAK


Otak yang terdapat dalam susunan syaraf sangat diperlukan oleh setiap manusia untuk berfikir. Maka modal yang sangat besar yang diberikan Allah SWT ini harus dipelihara dan optimalkan fungsi otak sebagai manifestasi syukur dan anugrah yang telah diberikan.
Berikut ini adalah 10 kebiasaan buruk yang harus berusaha kita hindari agar otak kita tetap bisa optimal dalam menjalankan fungsinya.

10 Kebiasaan Buruk Bagi Otak
10 Kebiasaan Buruk Bagi Otak
 Tidak sarapan pagi
Jika tidak sarapan pagi gula darah akan rendah, akibatnya suplai nutrisi ke otak jadi berkurang. Akibat tidak sarapan pagi memiliki risiko menderita gangguan kesehatan berupa menurunya kadar gula darah dengan tanda-tanda antara lain : lemah, keluar keringat dingin, kesadaran menurun bahkan pingsan. Bagi anak sekolah, kondisi ini menyebabkan merosotnya konsentrasi belajar yang mengakibatkan menurunnya prestasi belajar. Sedangkan bagi pekerja akan menurunkan produktivitas kerja.

Makan terlalu banyak
Terlalu banyak makan akan berakibat mengeraskan pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam darah sehingga kemampuan kerja otak akan menurun.

Merokok
Zat yang terkandung dalam rokok akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzaimer.

Mengkonsumsi Gula terlalu Banyak
Mengkonsumsi gula berlebih akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. menghirup udara yang berpolusi yang mengandung zat toksin akan menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

Menutup Kepala saat Tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala akan meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang akan menimbulkan efek kerusakan pada otak. (Oh...!!! ternyata ini jawaban dari alasan mengapa orang tua melarang kita tidur menutup kepala atau dahi / jidat kita dengan tangan).

Menggunakan Pikiran saat Sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan berpikir di saat sedang sakit dapat menyebabkan kekurangan efektifitas otak.

Kurang Menstimulasi Pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan menkerutnya otak kita dan akibat terburuknya dapat mempercepat kepikunan

Jarang Berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salahsatu sarana memacu kemampuan kerja otak, berkomunikasi intelektual dapat memicu efisiensi otak.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

obinhut mengatakan...

oh yang terakhir, saya merasakan nya sekali, terima kasih info nya..!

Naj mengatakan...

yupz sama2,, coba mulai aktif berkomunikasi lingkup kecil misalnya: sharing ke teman dekat atau keluarga.

Posting Komentar

thanks.. buat temen-temen yang dah mo buka n baca blog saya,,
JANGAN LUPA beri KOMENTAR-nya eaaa!!!!