Rabu, 20 Oktober 2010

AYO....!!! AWALI AKTIVITAS HARI MU DENGAN SARAPAN PAGI


Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang diperlukan oleh tubuh dalam kehidupan sehari-hari dalam jumlah yang cukup sebagai sumber energi dan zat-zat gizi. Oleh karena itu, manusia dalam kesehariaanya tidak terlepas dari makanan. Berbagai kajian menyatakan frekuensi makan yang baik adalah tiga kali sehari.  Secara kuantitas dan kualitas rasanya sulit untuk memenuhi kebutuhan gizi apabila makan satu kali atau dua kali sehari. Keterbatasan volume lambung menyebabkan tidak bisa makan sekaligus dalam jumlah banyak. Itulah sebabnya makan dilakukan secara frekuentif yakni tiga kali sehari termasuk sarapan pagi di dalamnya. Sarapan pagi merupakan suatu kegiatan yang penting sebelum melakukan aktivitas fisik pada hari itu, karena dengan sarapan pagi akan membuat aktivitas menjadi optimal sampai waktu makan siang.
Sarapan pagi adalah kegiatan makan pada pagi hari yang dilakukan seseorang sebelum berangkat beraktivitas. Sarapan pagi hendaknya jangan ditinggalkan, seringkaliorang mengabaikan sarapan pagi karena diburu oleh waktu yang sempit. Sebagian orang harus meninggalkan rumah sejak pagi-pagi untuk memulai aktivitasnya, sementara sarapan pagi belum tersedia, akhirnya sarapan ditinggalkan tanpa adanya perasaan bersalah. Sarapan pagi menyumbang gizi sekitar 25% dari angka kebutuhan gizi sehari, dimana jumlah tersebut cukup signifikan,, Lo000OOOh.....!!!

Dampak Sarapan Pagi
 Ternyata  sarapan memiliki dampak positif bagi setiap orang. Bagi orang dewasa, makan pagi dapat memelihara ketahanan fisik, mempertahankan daya tahan saat bekerja, dan meningkatkan produktivitas kerja. Bagi anak sekolah, makan pagi dapat meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran bagi anak sekolah, sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik. Kebiasaan makan pagi juga membantu seseorang untuk memenuhi kecukupan gizinya sehari-hari. Jenis hidangan untuk makan pagi dapat dipilih dan disusun sesuai dengan keadaan. Namun akan lebih baik bila terdiri dari makanan sumber zat tenaga, sumber zat pembangun, dan sumber zat pengatur.
  1. Terdapat 5 (lima) alasan utama dari sarapan pagi, diantaranya:Meningkatkan metabolisme. Metabolisme identik dengan tubuh untuk membakar energi, dimana orang yang sarapan, jika tidak sarapan pagi memiliki metabolisme yang tinggi seperti, jika tidak sarapan pagi dan langsung makan siang maka metabolisme dalam tubuh akan menurun sebesar 5%.
  2. Meningkatkan konsentrasi. Jika sering melewati sarapan pagi tubuh akan merasa lelah dan sulit konsentrasi. Dengan sarapan pagi maka tubuh memperbarui energi di pagi hari dan membantu memiliki “mood” yang baik, dan memiliki memiliki IQ yang tinggi di sekolah. 
  3. Memperlancar gula darah. Setelah tidur semalaman gula darah akan turun, sehingga akan sangat baik meningkatkan gula darah di pagi hari dengan melakukan sarapan pagi yang sehat. Khususnya yang tinggi karbohidrat dan rendah lemak.
  4. Pembuangan yang teratur. Sarapan pagi sudah dipastikan mengkonsumsi serat yang tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan sarapan pagi. 
  5. Membiasakan anak makan teratur. Anak belajar dari orang tuanya, jadi sarapan pagi akan memberikan peluang sebagai contoh yang baik kepada anak-anaknya.

Otak sebagai pusat kecerdasan membutuhkan energi dari glukosa untuk berfungsi dengan baik. Terutama di pagi hari, setelah semalaman beristirahat dan cadangan energi telah berkurang. Tanpa sarapan, pada pagi hari persediaan glukosa akan menurun sehingga neurotransmitter otak akan kekurangan energi untuk bekerja. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak untuk meningkatkan konsentrasi dan kemampuan dalam pemecahan masalah serta ingatan. Sarapan pagi juga membuat aktifitas menjadi optimal sampai waktu makan siang, mencegah stress, dan dapat mengontrol berat badan.

Manfaat sarapan pagi, yaitu :
a. Memelihara ketahanan tubuh agar dapat bekerja dan belajar dengan baik.
b. Memudahkan konsentrasi belajar dan menyerap pelajaran.
c. Membantu untuk mencukupi kebutuhan atau asupan zat gizi.
Akibat tidak sarapan pagi memiliki risiko menderita gangguan kesehatan berupa menurunnya kadar gula darah dengan tanda-tanda antara lain : lemah, keluar keringat dingin, kesadaran menurun bahkan pingsan. Bagi anak sekolah, kondisi ini menyebabkan merosotnya konsentrasi belajar yang mengakibatkan menurunya prestasi belajar. Bagi pekerja akan menurunkan produktivitas kerja.
Kebiasaan menghindari sarapan pagi dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, jelas merupakan kekeliruan yang dapat mengganggu kondisi kesehatan. Antara lain berupa gangguan pada saluran pencernaan.

Akibat tidak sarapan pagi memiliki risiko menderita gangguan kesehatan berupa menurunya kadar gula darah dengan tanda-tanda antara lain : lemah, keluar keringat dingin, kesadaran menurun bahkan pingsan. Bagi anak sekolah, kondisi ini menyebabkan merosotnya konsentrasi belajar yang mengakibatkan menurunnya prestasi belajar.

Sarapan pagi sangat penting bagi anak maupun orang dewasa, karena merupakan “bensin” pertama sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Tubuh memiliki simpanan dalam bentuk glikogen yang di simpan dalam hati dan otot. Glikogen digunakan dalam hati dan otak sebagai bahan bakar berbagai proses biokimia dalam tubuh selama kita tidur. Energi dalam tubuh sepanjang malam akan berkurang, sedangkan organ tubuh harus terus bekerja. Karena itu, di pagi hari setelah anda mengkonsumsi makanan selama 12 jam, kadar gula dalam tubuh menurun ke tingkat yang paling rendah. Untuk mengganti energi yang kurang saat pagi tiba, maka harus sarapan pagi. Energi yang terisi dari sarapan akan membuat aktivitas menjadi optimal sampai waktu makan siang.
Kadar gula darah sangat mempengaruhi efisiensi kerja fisik maupun mental, karena gula yang di dalam darahlah yang menjadi sumber energi untuk bekerja. Kadar gula darah normal adalah antara 80-120 mg% (milligram per 100 cc darah). Efiensi kerja akan menurun jika kadar gula dalam darah turun di bawah 80 mg%. Bila gula darah turun hingga 40-50mg/100ml, kita akan merasa gugup, pusing, lemas, dan lapar. Sarapan pagi adalah sumber yang baik untuk gula darah. setelah kadar glukosa darah naik hingga kurang lebih tiga puluh menit dan secara perlahan akan kembali ke kadar gula puasa setelah 90-180 menit.


Sarapan Pagi Versi Rasulullah
Dalam berbagai aktifitas dan pola kehidupannya, Rasulullah memang sudah di rancang oleh Allah SWT sebagai contoh teladan yang baik (al uswah hasanah) bagi semua manusia.  Teladan ini mencakup berbagai aspek kehidupan termasuk dalam pola makan. Di pagi hari Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air dingin yang di campur dengan sesendok madu asli, khasiatnya luarbiasa.  Dalam Al Quran, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh, menunjukkan arti umum dan menyeluruh.  Hal ini berarti pada dasarnya madu bisa  menjadi obat atas berbagai penyakit.  Di tinjau dari ilmu kesehatan, madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus usus, dan menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.  Madu juga mengandung mikronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.  dalam istilah masyarakat Arab, madu di kenal dengan al hafidz al amin karena bisa menyembuhkan luka bakar.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

thanks.. buat temen-temen yang dah mo buka n baca blog saya,,
JANGAN LUPA beri KOMENTAR-nya eaaa!!!!